Pantai Delegan, Pantai Indah Dengan Pesona Pasir Putih
Pantai Delegan merupakan salah satu pantai di utara pulau jawa yang memiliki ombak tenang dan cukup jernih.

Liburan emang nikmat jika di nikmati bersama keluarga atau pun teman-teman dekat. Selain dapat menyegarkan otak dari penatnya rutinitas sehari-hari, liburan ternyata juga bisa membangun kembali keharmonisan dalam keluarga yang semakin lama semakin tidak terlihat. 

Bicara soal liburan, kali ini saya akan membagikan sebuah review destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga kamu atau pun bersama teman teman kamu. Yap, Destinasi wisata yang kali ini mau saya bahasa adalah Pantai Delegan. 

Tahu Pantai Delegan kan? Jika kamu seorang travelers sejati, tentu tahu dong dengan pantai yang satu ini, karena memang pantai yang satu ini sedang marak diperbincangkan. Namun buat kamu yang belum tahu tentang pantai yang satu ini tak usah khawatir, karena tujuan saya disini adalah menginformasikan sejumlah tempat kepada orang-orang yang belum mengetahui tempat tersebut. 

Deskripsi Pantai Delegan 


Pantai Delegan merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Gresik, Jawa Timur. Tepatnya sih di Desa Delegan. Kecamatan Panceng. Kondisi pantai ini sendiri terlihat begitu sederhana, biarpun saat ini tengah mengalami perbaikan dan penambahan beberapa fasilitas umum yang bertujuan untuk memperlengkap fasilitas umum yang sebelumnya sudah ada di tempat ini. 

Berbeda dengan laut-laut lainnya, umumnya laut-laut yang berada di utara pulau jawa memiliki air laut yang cenderung kotor dan tidak jernih, nunggu Pantai Delegan memiliki air laut yang sebenarnya juga tidak begitu bersih, namun juga tidak begitu kotor. Jadi lebih baik air laut di Pantai Delegan daripada air laut yang berada di pantai-pantai lainnya yang berada di utara pulau Jawa. 

Wilayah ini mempunyai sebuah garis pantai yang terbilang lumayan lebar walaupun tak begitu panjang. Dengan butiran pasirnya yang tampak putih dan bersih, serta pepohonan di sekitarnya yang begitu sejuk dan cocok untuk berteduh. Selain itu, si pinggir pantai ini terdapat sebuah tembok yang membatasi pantai ini, dimana tembok yang satu ini di buat lebar dan memanjang dan bisa di jadikan sebagai tempat duduk para wisatawan. 

Ombak di laut ini pun cukup tenang, dan sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain anak-anak, tapi buat orang tua tetap harus waspada dan selalu mengawasinya loh ya.

Ada juga beberapa warung makan ataupun minum di sekitar tempat ini, lokasinya pun tidak jauh dari tembok pembatas pantai tersebut. Jadi saat makan atau minum di warung, kita juga tetap bisa menikmati keramaian dan keindahan Pantai Delegan ini. Selain itu, di sini juga terdapat sebuah perahu yang dapat kalian sewa dengan harga yang sudah ditentukan. 

Ada juga panggung dan sebuah menara dengan surat tali panjang yang melintang di atasnya, sepertinya tali yang satu ini di gunakan untuk wahana flying fox.

Baca juga : Situs Giri Kedaton, Tempat Bersejarah Di Atas Bukit

Hunting Foto Di Pantai Delegan 

Nah kalau urusan foto-foto, kalian bisa mencoba berfoto ria di area pantai, karena di sekitar pantainya yang begitu bersih bakalan bikin foto kamu jadi oke. Atau bisa juga untuk mencoba berfoto di bibir laut. Tenang aja ombak di pantai ini cukup tenang kok, dan cocok untuk kamu yang ingin eksis di bibir laut. 


Selain itu, berfoto di atas perahu yang sudah kita sewa tentu akan memberikan hasil foto dengan background yang sungguh indah. 

Fasilitas Di Pantai Delegan 

Sama halnya dengan tempat wisata pada umumnya, Pantai Delegan juga mempunyai sejumlah fasilitas yang cukup memadai, antara lain yakni :

  • Tempat istirahat 
  • Area parkir kendaraan yang cukup luas
  • Kamar mandi 
  • Mushola dan sejumlah fasilitas umum lainnya 


Jam Buka Dan Harga Tiket Masuk

Untuk urusan jam buka, tempat ini beroperasi sepanjang hari dan tentunya juga dengan harga tiket yang murah dan masuk akal, yaitu Rp. 5000 per orang, sedangkan untuk anak-anak cuma Rp. 3000. Sedangkan untuk kendaraan berkisar antara Rp. 2000 - Rp. 5000.

Akses Jalan Menuju Pantai Delegan 

Tentunya bagi calon wisatawan yang berasal dari kota Gresik pasti sudah tidak akan bingung lagi ketika hendak berkunjung ke Pantai Delegan ini. Nah, buat para wisatawan dari luar kota yang tidak tahu jalan menuju ke Pantai Delegan ini mulai sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena di sini saya akan berbagi sebuah lokasi atau maps terkait keberadaan Pantai Delegan tersebut, ya kira kira seperti maps yang tertera di atas. 

Buat para wisatawan yang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, tentu hal ini tidak akan menjadi sebuah masalah yang besar, karena bisa menggunakan fasilitas google maps yang kini marak digunakan oleh berbagai macam kalangan. 

Sementara untuk para wisatawan yang akan mengunjungi Pantai Delegan dengan menggunakan transportasi umum juga tidak perlu khawatir, karena para wisatawan cukup naik bus dan berhenti di terminal bus Panceng, selanjutnya tinggal naik ojek yang kini semakin banyak jumlahnya, lalu menuju Desa Delegan dimana desa tersebut merupakan letak Pantai Delegan berada. 

Tips Berkunjung Ke Pantai Delegan 

Ada tips juga nih buat calon wisatawan yang akan mengunjungi tempat ini, yaitu :

  • Jangan lupa bawa sebuah kamera untuk hunting foto, karena liburan akan terasa hambar jika momen liburan tersebut tidak diabadikan dalam foto. 
  • Kalau bisa bawa makanan dan minuman sendiri dari rumah, karena jika tidak, maka kita akan membeli makanan dan minuman yang sudah di sediakan di sekitar pantai, di mana makanan dan minuman yang sudah di sediakan ini akan di jual dengan harga yang relatif lebih mahal daripada harga pada umumnya. 
  • Jika membawa anak kecil, maka kamu harus waspada, selalu mengawasi dan ekstra hati-hati. Meskipun pantai yang satu ini terkenal dengan ombaknya yang cukup tenang, namun jangan jadikan ini sebagai keyakinan kalian, karena yang namanya alam kan bisa berubah sewaktu-waktu. 

You may also like